Amanah Terindah, Berikut Kewajiban-kewajibannya


Anak merupakan amanah yang diberikan oleh Allah Swt. Sejatinya apa pun yang saat ini kita punya tak ada yang 100% milik kita, termasuk anak. Sebagai orang tua, kita hanya diamanahi saja oleh sang maha pemilik, untuk dididik, dipelihara, diberikan kasih sayang dan dicintai sepenuh hati.

Banyak sekali keajaiban-keajaiban yang Allah kasih untuk ummat manusia, salah satunya adalah kehadiran sang buah hati. Alhamdulillah, aku pun merasakan keajaiban itu. Khaulah Azda El Ibrahim, adalah salah satu keajaiban dan bukti kekuasaan Allah Swt.

Saat aku tulis ini, ia sedang tertidur lelap. Jika masih terjaga, melihat aku ngetik di laptop pasti ingin ikut-ikutan ngetik. Alhamdulillah ia sudah bisa hafal beberapa huruf dan menuliskannya.

Bahas tentang rasa kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya , itu gak bakal ada habis-habisnya. Setelah merasakan menjadi seorang ibu, rasa sayang terhadap ibu kita pun kin bertambah.

Salah satu cara meluapkan rasa kasih sayang orang tua pada anaknya, adalah memberikan pendidik terbaik. Dan hal ini termasuk dalam kategori kewajiban orang tua terhadap anaknya.

Saking sempurnanya ajaran Islam, antar anak dengan orang tua saja ada hak dan kewajibannya yang sudah diatur sedemikian rupa.

Sejak terdengar tangisan bayi ketika dilahirkan, maka dari situlah mulai kewajiban-kewajiban orang tua dimulai. 

Berikut kewajiban orang tua terhadap anak:

1. Memberi nama yang terbaik

Kewajiban pertama orang tua terhadap anaknya adalah memberikan nama yang terbaik, tidak asal memberikan nama. Bahkan ada beberapa tuntunan rasullah Saw. dalam hal memberikan nama yang terbaik. Satu di antaranya adalah nama yang diberikan hendaklah memiliki makan yang baik. karena nama adalah doa.

2. Memberikan kasih sayang 

Sebagai orang tua, memberikan ksih sayang terhadap anaknya adalah hal mutlak yang harus ditunaikan. Karena semua hak-hak anak dari orang tua bisa tunai jika kasih sayang ini sudah terbangun.

3.

Memberikan pendidikan terbaik

Nah, ini yang sebenarnya pada kesempatan kali ini aku soroti. Mungkin karena dari sejak kemarin sore seusai ngajar aku terus kepikiran tentang pendidikan anak, terutama pendidikan untuk anak sendiri. 

Luar biasa amanah yang tidak ringan, karena kita diberikan keleluasaan oleh Allah Swt. untuk menjadikan anak kita ini seperti apa pun. Dari keleluasaan inilah kita diuji, apakah kita mampu mengarahkan anak tersebut pada jalan yang di ridhoi Allah atau malah sebaliknya, naudzubillah.

Memberikan penidikan yang paling utama adalah pendidikan agama. Karena ini berkaitan langsung dengan ibadah mahdhoh kepada Tuhannya.

Selanjutnya pendidikan umum, yang juga sebisa mungkin kita arahkan anak tetap bisa tertuju pada Tuhannya. 

Baiklah, baru dua point yang kita bahas mengenai kewajiban orang tua terhadap anak. Sebetulnya masih banyak poin lain, Insyaallah bersambung di tulisan selanjutnya.



 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url



Beri Dukungan

Nih buat jajan