Membaca Membosankan? Ini Solusinya, Yuk Simak!


Tips Anti Bosan saat Membaca , Menumbuhkan Minat Baca


Sobat buibu, kapan terakhir kali membaca buku? 

Tadi pagi, kemarin, minggu kemarin, atau bulan kemarin?

Teringat satu surah yang diturunkan pertama kali yaitu surah Al alaq, tepat di ayat pertama iqra' yang artinya "Bacalah". 

Dengan pemaknaan yang sederhana pun ada perintah untuk membaca disitu. Entah membaca apapun itu, yang jelas ada kalimat perintah untuk membaca.

Baik itu membaca buku, seperti yang sudah dimaklumi oleh semua orang, maupun membaca setiap tanda-tanda kekuasaan Allah Swt. 

Seperti hal yang sangat sederhana, tapi efeknya luar biasa. Jika kita sadar bahwa membaca merupakan bagian dari proses pendidikan dan juga pengembangan potensi diri, maka insyaallah kita akan selalu menyempatkan membaca dalam situasi apapun dan bagaimanapun. 


Dan bahkan jika ditelisik lagi efek dari membaca bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan, melainkan lebih dari itu. Bahkan siapa yang menyangka kalau membaca buku juga memiliki dampak positif bagi kesehatan fisik maupun mental.
Wah, ini sih efek yang super bermanfaat.

Namun sangat disayangkan, di era digitalisasi yang serba canggih seperti sekarang ini justru kebanyakan orang malas membaca buku. Berkaitan dengan itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi  membagikan sejumlah tips untuk mengatasi rasa bosan ketika membaca buku.

Ada fakta yang membuat sedih mengenai minta baca masyarakat Indonesia, UNESCO menyebut bahwa Indonesia berada di urutan kedua soa literasi dunia, ini artinya minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah yakni 0,001%. Artinya dari 1000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca. Wah wah ini sih sangat memperihatinkan.

Kaitan dengan era digitalisasi, ada fakta lain yaitu 60 juta penduduk Indonesia memiliki gadget, atau urutan kelima dunia terbanyak kepemilikan gadget. Jumlah yang sangat luar biasa besar, bahkan dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.

Ampun! Fakta-fakta ini bikin geleng-geleng kepala. Lalu solusinya bagaimana?

Sepertinya tak ada solusi lain sederhananya masyarakat Indonesia harus mulai menumbuhkan minat baca. Lagi-lagi disayangkan banyak faktor yang membuat orang-orang tak menaruh minat untuk membaca. 

Padahal ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar tidak bosan membaca 

Buatlah target Baca Minimal Sehari Sekali

Target membaca ini misalkan kita membaca minimal sehari sekali. Jadi, saat membaca buku tidak harus langsung diselesaikan di hari yang sama, bacalah minimal satu lembar atau dua lembar satu hari agar tidak mudah bosan.

Tempat yang Waktu yang Tepat

Selanjutnya adalah memilih tempat dan waktu yang tepat. Membaca buku cocok di waktu senggang dan di tempat yang sepi, kondusif serta dengan pencahayaan yang baik. Ini dimaksudkan agar detikers bisa membaca dengan lebih fokus dan tidak mudah bosan.

Beri Jeda saat Membaca

Memberi jeda ketika membaca dimaksudkan agar pembaca beristirahat meski hanya sejenak. Ambil waktu jeda agar otak dan tubuh kembali segar.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuang rasa bosan saat membaca, sehingga minat baca akan semakin tumbuh.

Semoga bermanfaat!








Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url



Beri Dukungan

Nih buat jajan