Ocehan Mak Emak Yang Rindu Rebahan

 



Mencuci pakaian adalah rutinitas ibu rumah tangga yang tak boleh terlewatkan. Apalagi ibu rumah tangga yang biasa saja, maksudnya yang tak pakai jasa asisten atau pembantu rumah tangga. Otomatis mencuci pakaian atau peralatan makan harus dilakukan sendiri.

Sebetulnya pekerjaan ibu rumah tangga bukanlah hanya mencuci pakaian atau piring saja. Tapi masih seabrek tugas-tugas lain, seperti nyetrika, masak, ngepel dan masih banyak lagi.

Kenapa harus cucian terlebih dahulu ?

Kenapa aku bahas cucian berlebih dahulu? Sebenarnya sih karena aku baru saja baca sebuah konten di salah satu media sosial yang memaparkan tentang cerita salah satu artis Indonesia yang berdasarkan penuturannya bahwa ia bisa mengembalikan mood nya hanya dengan mencuci.


Nah, setelah kupikir-pikir, ternyata betul juga. Akupun merasakannya,Bukan sekali dua kali merasakan hal yang lumayan plong dan tenang setelah cucian di larat semua hingga ke akar-akarnya. Namun, ketika dinanti-nantikan mencuci  hingga menjadi tumpukan pakaian kotor, biasanya mood kita pun ikut kotor.


Jadi, tak salah dong seorang Nana Mirdad mengaku kalau cara dia untuk mengembalikan mood, bahkan rasa stresnya dengan mencuci pakaian.


Beda cerita dengan salah satu artis kenamaan Indonesia yaitu Nikita Willy yang baru-baru ini dikabarkan les menyapu. Entah kalau untuk les mencuci baju atau piring, belum terdengar kabarnya.


Aku langsung melongo pas tahu kabar itu, dalam hati “Aku, jangankan les nyapu pengen anak biar bisa les gambar aja belum ketemu-ketemu budgetnya.” Memang yah, Sang maha pencipta luar biasa menciptakan perbedaan yang sangat beragam.


Ada yang berkelimpahan, ada juga yang serba kesusahan. Dan semuanya tergantung pada diri sendiri yang mengimplementasikan.


Yuk! Kita kembali ke cucian. Jangan sampai kita abai terhadap cucian ya, sobat buibu. Karena ada fakta unik yang bisa membuat mood kita runtuh cuman gegara menumpuk cucian. Begitupun sebaliknya, saat kita getol mencuci, biasanya mood kita pun akan baik meskipun rasa capek akan menghampiri sekujur tubuh kita.


Dan ternyata buibu kabar gembiranya bukan hanya mencuci saja yang bisa bikin mood kita bagus lagi. Berdasarkan informasi  ditambah pengalaman pribadi, bahwa hampir seluruh pekerjaan rumah itu bisa meredakan mental yang kelelahan.


Maklum lah ya, buibu jadi IRT itu nggak gampang. Banyak sudut dari kesehatan mental kita yang hampir terengut dan tergonjang ganjing saking melelahkannya, benar-benar lelah fisik dan mental bukan?

Kalau kita tak mengindahkan keimanan kepada Allah Swt. yang maha adil, tentunya sudah ingin berontak saja, bukan begitu buibu?


Jangan lah ya, jangan sampai berontak. Keseringan mengeluh saja usahakan jangan. Sama sekali tidak akan sia-sia  kelelahan yang kita rasakan karena akan ada pahala disetiap sesinya.


Begitupun dengan upaya untuk tetap bahagia di rumah sebagai Mak emak, ada sedikit tips agar mental dan mood kita tetap terjaga dan bahagia meskipun dengan menyandang pekerjaan yang sangat luar biasa tidak ada akhirnya.


Terakhir dari ocehan aku kali ini, semoga secepatnya pikiran ini pulih..hehe


Allah yang maha mengetahui da maha penolong. Jadikan hatiku hanya berharap pada manusia.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url



Beri Dukungan

Nih buat jajan