Usir Ketombe Dengan Cara Alami, Jamin Kamu Makin Pede

 

 

Seperti hal sepele tapi bikin penampilan jadi memble. Memang gak bahaya sih tapi masa iya penampilan udah keren tapi ketombe mengganggu aktivitas dan kenyamanan penderitanya.


Selain menjaga kebersihan rambut, ketombe juga bisa dihilangkannya dengan beberapa treatment alami yang bisa dilakukan di rumah saja. Yuk, simak!


Beragam cara yang dapat dilakukan di rumah untuk menghilangkan ketombe:


Cuka apel

Keramas dengan menggunakan cuka apel ternyata bisa mengurangi ketombe, karena zat asam pada cuka apel diyakini mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe. 


Penggunaan cuka apel ini cukup mudah. Caranya, campurkan ½ gelas cuka apel dengan 1 gelas air. Keramas dan bilas rambut seperti biasa, lalu gunakan larutan cuka apel sebagai bilasan terakhir.


Eits, tapi jangan sampai menggunakan cuka apel tanpa mencampurkannya dengan air biasa ya, sobat. Karena bisa menimbulkan iritasi sehingga menjadikan kulit terasa perih.


Perasan air lemon

Kedua, bahan yang dipercaya sebagai cara alami menghilangkan ketombe adalah air perasan lemon. Manfaat ini diduga karena sifat antijamur di dalam lemon.


Untuk mengatasi ketombe, siapkan 2 sendok teh air perasan lemon, lalu oleskan ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas rambut sampai bersih. Air lemon memiliki  sifat antijamur yang tentunya dapat mengatasi ketombe.

Kalau kebetulan di rumah tidak ada lemon, boleh banget ko diganti dengan jeruk nipis.


Tea tree oil

Nah, kali ini keramas menggunakan tea tree. Ini merupakan salah satu cara alami yang terbukti dapat mengusir jamur penyebab ketombe. Minyak tea tree atau tea tree oil berasal dari penyulingan uap daun tea tree. Dan ini adalah berkat kemampuan tea tree oil dalam melawan jamur penyebab ketombe.


Sebelum kita mengaplikasikan tree tea oil untuk keramas, alangkah lebih baik lagi jika kita memperhatikan langkah-langkah penggunaannya;


Nah, ini adalah langkah-langkah menghilangkan ketombe dengan tea tree oil:


Campurkan 2–3 tetes tea tree oil dengan sejumlah sampo yang biasa Anda pakai.

Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut

Pijat kepala dengan lembut agar tea tree oil meresap ke dalam kulit.

Diamkan selama 5 menit, lalu bilas rambut hingga bersih.


Minyak kelapa

Cara alami menghilangkan ketombe yang tak kalah ampuh  adalah mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala.


Coconut oil atau biasa disebut minyak kelapa ini memang memiliki kandungan yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Pun untuk menjaga kesehatan kulit kepal.


Cara penggunaannya cukup dioleskan atau dipkai sebagai masker rambut selama satu malam, kemudian paginya dibilas seperti biasa kita keramas.


Mengelola stres

Woalah ternyata ketombe bisa dipicu juga oleh kondisi stres. Karena stres ini dapat menurunkan daya tahan tubuh, termasuk kemampuan tubuh dalam melawan infeksi jamur penyebab ketombe di kulit kepala. 


Untuk mengendalikan stres, yang paling utama anda bisa memperbanyak ibadah dan dzikir kepada Allah Swt. menerapkan teknik pernapasan, menghirup aromaterapi, serta melakukan meditasi atau yoga.

Oke, baiklah. Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah untuk mengusir dan menghempaskan ketombe


Next Post Previous Post
5 Comments
  • De Eka
    De Eka 22 Juni 2024 pukul 15.48

    Aku pernah coba yg perasan air lemon campur apa dah gtu lupa. Mantap bgt rasanya cekit² gatel perih. Mungkin krn kulit kepala ada lecet kali ya karena garukan yg tanpa sadar malah melukai.

    • yourdarling
      yourdarling 22 Juni 2024 pukul 19.15

      Iya, Kak. Aku juga pernah coba pake cara ini. Perih² nagih.

  • hopelight18area
    hopelight18area 22 Juni 2024 pukul 20.24

    Waaah makasi tipsnya teh firaaa :) Selama ini aku taunya obat keramas ketomed heheh

  • Lajurpenaku
    Lajurpenaku 22 Juni 2024 pukul 23.17

    Teh, ini aman gak buat semua kulit? Huhu suami aku gampang banget ketombean kalau ganti shampo🫠

  • andini.heliumssi
    andini.heliumssi 23 Juni 2024 pukul 07.37

    Aku juga punya pengalaman dengan ketombe dan rambut lepek. Biasanya aku pakai jeruk lemon atau jeruk nipis dioles ke kepala. Tapi semenjak aku gunakan shampoo dua kali setiap keramas, rambut lepek dan ketombe akhirnya hilang.

Add Comment
comment url



Beri Dukungan

Nih buat jajan